Jumat, 27 Februari 2015

JENIS-JENIS BAN SPORT

JENIS BAN SPORT (SEMI SLICK):
  • Memiliki grip atau daya cengkram yang luar biasa
  • Jarak tempuh hanya 1.000 mil (1.600 km) atau kurang.
  • Tipe ban sport di lapangan balap membutuhkan daya cengkram yang tinggi pada saat menikung
  • Ban ini bisa beroperasi pada suhu yang tinggi
  • Tingkat cengkraman meningkat seiring dengan suhu ban meningkat
  • Tidak aman digunakan di jalan umum, karena daya cengkram ban ini baru efektif ketika suhu ban tinggi dan mungkin Anda sudah sampai ke tempat tujuan sebelum suhu ban menjadi panas.
  • Di balapan, ban ini dipanaskan dengan alat pemanas untuk menghasilkan daya cengkram yang maksimal
  • Ban ini biasanya digunakan oleh sebagian motor supersport ber cc 1000 keatas, seperti ducati panigale dan beberapa supersport lainnya

2. JENIS BAN SPORT TOURING:
  • Daya tahan lebih baik dari tipe ban sport
  • Daya cengkram atau grip kalah dengan jenis ban sport
  • Daya tikung tidak sebagus tipe ban sport
  • Bagus untuk track yang lurus
  • Bagus digunakan untuk perjalanan antar kota (jarak jauh)
  • Ban jenis ini biasanya digunakan oleh motor sport ber cc menegah hingga besar, karena pada dasarnya ban ini memiki grip yang cukup kuat serta pemakaian yang lebih awet dari pada ban tipe sport.

3. JENIS BAN TOURING:
  • Ban biasanya terbuat dari karet keras untuk daya tahan yang lebih lama
  • Pada suhu tinggi daya cengkram atau grip kalah dengan jenis ban sport dan sport touring
  • Pada suhu lebih rendah daya cengkram lebih baik dibanding suhu tinggi
  • Lebih cocok untuk mengendarai dalam kondisi dingin atau musim dingin sedangkan tipe ban sport mungkin tidak pernah mencapai suhu operasi optimal.
  • Ban jenis ini pada umum nya dipakai oleh motor – motor berjenis touring baik dari cc kecil hingga besar, seperti Harley Davidson.
JENIS BAN CRUISER:
  • Daya tahan lebih baik dari tipe ban sport
  • Daya cengkram atau grip kalah dengan jenis ban sport
  • Ban ini sering digunakan untuk motor tipe underbone (bebek) serta beberapa motor touring.

5. JENIS BAN SCOOTER:
  • Ban jenis ini khusus digunakan untuk motor skuter seperti vespa atau matic
  • Memiliki diameter ban yang lebih kecil dari pada ban tipe cruiser
  • Memiliki Grip (cengkraman) serta keawetan yang sama dengan ban tipe cruiser.

6. JENIS BAN OFF ROAD:
  • Ban tipe off road memiliki tonjolan dan dalaman untuk menghasilkan cengkaraman maksimum pada medan berlumpur, berpasir, atau berkerikil.
  • Penggunaan Jenis ban off road di jalan raya sangat tidak disarankan karena ban tidak stabil pada jalan aspal serta akan cepat kehilangan daya cengkramnya.
  • Ban ini pada umumnya digunakan untuk motor jenis offroad atau supermoto.

7. JENIS BAN RACING (SLICK/TIPE KERING):
  • Ban ini hanya khusus digunakan untuk balapan, dan sangat dilarang digunakan di jalan umum karena amat berbahaya
  • Ban ini memiliki harga yang sengat mahal serta umur pemakaian yang relative singkat
  • Tekstur segitiga di ban lebih banyak (semakin banyak semakin kuat daya cengkram)
  • Tipe ban racing dibuat dengan karet yang lebih lembut agar bisa mendapatkan grip yang maksimal
  • Ban ini sangat Tidak cocok digunakan dalam keadaan basah,karena tidak ada daya cengkram dan sangat licin
  • Tidak cocok digunakan pada musim dingin, semi dan gugur.

8. JENIS BAN RACING (TIPE BASAH):
  • Ban Jenis ini memiliki karakteristik yang sama dengan ban tipe kering hanya saja khusus digunakan pada saat hujan atau sehabis hujan
  • Ban Jenis ini memiliki alur yang sangat banyak dengan tujuan sebagai jalur pembuangan air, jadi ban dapat menapak sempurna di permukaan jalan,
  • Ban tipe basah ini juga dibuat dengan karet yang sangat lembut,
  • Ban jenis ini bisa digunakan dijalan raya tetapi dengan umur pemakaian yang singkat.
Sumber Gambar dan Artikel : http://www.kaskus.co.id
http://balemoto.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar